Wednesday, October 10, 2012

5 Band Blues Indonesia (tapi Kadar Bluesnya anDa Yng Menilai)


1.     Slank
Dibentuk oleh Bimbim pada 26 Desember 1983 karena bosan bermain musik menjadi cover band dan punya keinginan yang kuat untuk mencipta lagu sendiri. Cikal bakal lahirnya Slank adalah sebuah grup bernama Cikini Stones Complex (CSC) bentukan Bimo Setiawan Sidharta (Bimbim) pada awal tahun 80-an. Terus melejit setelah album Suit-Suit He He. Kemudian berganti Personel saat album lagi sedih dikerjakan. Mendapat pengaruh dari The Rolling Stone. Formasi Awal (maksudnya formasi Album pertama) Bim-Bim(drum), Bongky(bas), IndraQ(Keyboard),Pay(gitar),Kaka(vokal).
FormasiSekarang  Bim-Bim (drum),Ivanka (Bas),Ridho (Gitar),Abdee (Abdi) ,Kaka (vokal).Lagu-Lagu Slank  blues dapat anda dengar pada lagu Apatis Blues (Slank 1), Teng-Teng Blues (Slank 2),Blues Males, Kamu Harus Pulang, Pisah Aja Dulu (slank 4), Mandi Hujan, Kalo Aku Jadi Presiden, Ngedrop, Kopi Air Hujan,Ketinggalan Jaman, Fool Moon Blues, Anak Mami, 1 x 1 = Ga Janji, Atmosphere Blues, Sympathy Blues, Blues Bini(pulang Kerja), etc.


                            sLank    Teng-Teng Blues



2.     Gugun And The Blues Shelter

 Grup musik ini terbentuk pada tahun 2004 untuk bermain di blues bars di Jakarta. Mereka telah bermain di jazz clubs dan festival.Mereka ter-inspirasi oleh Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Betty Davis, dan Led Zeppelin. Pada awalnya, nama dari band ini adalahThe Blues Bug, yang mana akhirnya diganti menjadi Blue Hand Gang, dan selanjutnya menjadi Gugun Blues Shelter. Mereka mengganti nama band mereka karena sebuah band asal Yunani telah memakai nama Blues Bug selama sepuluh tahun.
Pada akhir 2004, mereka merilis album independen pertama mereka, Get the Bug. Musisi yang tampil di dalam album ini antara lain Gugun, Jono, dan Iskandar. Kemudian di awal tahun 2007, mereka merilis album kedua, Turn It On, oleh Sinjitos Records.  Album ini dipilih sebagai "The number one blues album of the year", dengan Gugun yang terpilih sebagai Gitaris blues terbaik se Asia Tenggara, di tahun 2007 oleh MTV Trax Magazine.Bowie bergabung dengan band di tahun 2007, menggantikan Iskandar pada drum. Pada tahun 2010, mereka secara independen merilis album dengan nama mereka sendiri sebagai pengganti terhadap album Set My Soul on Fire mereka, yang batal rilis menyusul konflik dengan label mereka. Pada tahun 2011, Gugun Blues Shelter dipilih oleh juri melalui pemilihan online dari para fans untuk memenangi Kompetisi the Hard Rock Café’s Global Battle Of The Bands, memperingati Ulang tahun Hard Rock Café yang ke-40. Mereka dijadwalkan untuk tampil pada hari Minggu, 26 Juni 2011 di Hyde Park, bersama dengan Bon Jovi, Rod Stewart dan The Killers.

                   Gugun bLues Shelter - Fight for Freedom


3.     Rama Satria & The Electric MOjos
Kaca mata hitam plus Jacket kulit hitam adalah perangkat musisi blues yamg kurang Cuma  sebotol bourbon aja, Ha ha ha ha. Bending gila-gilaan, feedback yang terkontrol ala Jimi Hendrix. Fantastis adalah kata yang pantas disandang gitaris yang satu ini. Rama Satria & The Electric MOjos terdiri atas Rama (gtr/vcl/harp), Yansen Silalahi  (bas)  dan Steve Ducos Wilson (drums)  Rama Satria & The Mojos Electric, salah satu band terkemuka di music blues Indonesia. Rama Satria belajar di Hendrix Laboratories di Berklee College Of Music di Amerika Serikat.

                                  Rama Satria - Love Hate Relationship


4.     Andre Harihandoyo & Sonic People

Andre yang juga berprofesi sebagai Audio Engineer ini telah banyak memberi sentuhan-sentuhan cerdasnya kepada musik-musik indonesia seperti Gugun Blues Shelter, Adhitia Sofyan, Leonardo Ringgo, Bonita & The HusBand, The Flower, The Milo, Super Glad dan masih banyak lagi nama-nama musisi tanah air yang pernah ditanganinya. Andre yang lebih dikenal sebagai Singger-Songwriter ini mengawali karirnya sebagai music producer, yang tentunya lebih banyak berada dibelakang layar.
Ditahun 2006 Andre akhirnya muluncurkan album solonya yang berjudul Aerodyne sebagai bentuk kecintaannya pada musik yang dilanjutkan dengan membentuk sebuah band yang dikenal sebagai Andre Harihandoyo & Sonic People dan merilis album yang berjudul Room Session pada tahun 2007. Dan pada tahun 2008 Andre mulai mengepakkan sayap ke negara tetangga dengan meluncurkan album dengan edisi terbatas yang diberi judul Two Sides For Every Story. Diakhir tahun 2009, sebuah album dirilis lagi dengan judul Good For The Soul dan mendapat sebuah nominasi di Indonesia Cutting Edge Music Award (ICEMA) dan Anugerah Musik Indonesia (AMI).


5.     Endah N Resa

Endah N Resa Adalah musisi yang juga pasangan suami Istri. Endah Widia Astuti sebagai vocal sekaligus Gitar dan Rhesa Aditya pada Bass. Endah Widiastuti yang sebelumnya bersolo karier bergabung dengan sebuah band bergenre rock. Di band tersebut ia bertemu dengan Rhesa Adityarama. Kemudian pada tahun 2004, Endah dan Rhesa memutuskan untuk keluar dari band tersebut. Endah kembali bersolo karier dengan merilis mini album berjudul "The New Beginning" dengan Rhesa sebagai produsernya. Pada tahun 2005 Endah dan Rhesa merilis album "Nowhere To Go"  dengan kualitas audio serta desain sampul album sederhana yang mereka kerjakan berdua. Proyek ini bernuansa akustik namun tetap terdengar dinamis. Album ini mengukuhkan formasi duo Endah N Rhesa, tidak lagi sebagai proyek album solo Endah. Tahun 2006, Endah N Rhesa merilis mini album "Real Live" yang direkam secara 'live' dengan beberapa materi baru. Hingga akhirnya mereka merilis album "Nowhere To Go" secara resmi pada tahun 2009 bekerja sama dengan label indie Jakarta, demajors Independent Music Industry (dIMI).

14 comments:

  1. saya sarankan anda mematikan aplikasi musik di blog anda. berisik. sebagai peminat musik anda mustinya tahu bahwa yang mengunjungi blog anda adalah juga pencinta musik yg kemungkinan besar browsing sambil memutar musiknya sendiri.

    ReplyDelete
  2. iya betul, jujur aja ganggu banget musicnya saya sedang mendegarkan musik dari itunes, terganggu dengan musik yang ada di blok om.
    saran: baiknya dihilangkan saja fitur autoplay musik. atau sediakan tombol stop.

    ReplyDelete
  3. bner" blues itu musik yg enak di denger...

    ReplyDelete
  4. Music blues emng enak di dngar... mantapp....!!!

    ReplyDelete
  5. Blues are some of my life

    ReplyDelete
  6. lagu di blog ini judulnya apa?

    ReplyDelete
  7. They're Red Hot, judul lagunya.

    ReplyDelete
  8. ya ampun, cara matiin lagunya tinggal pencet ikon speaker di tab bar diatas itu loh..

    ReplyDelete