Jumat, 05 Oktober 2012

SEJARAH SINGKAT MUSIK BLUES DAN BIOGRAFI SINGKAT GITARIS BLUES


Willie Dixon pernah mengatakan, "Blues adalah akar, dan yang lainnya adalah buah-buahan”. Blues adalah akar dari musik-musik populer, terutama jazz, namun musik blues kemudian berkembang secara mandiri. Ciri khas musik blues adalah Blue Note. Blue Note tercipta dari adaptasi tradisi musik afrika yang pentatonis terhadap musik diatonis dari eropa. Bending note atau nada yang beliuk-liuk menandakan adaptasi tersebut.  Adalah orang Afro-Amerika yang pertama kali menciptakan cikal bakal musik ini. Hingga Kemudian pada tahun 1910, istilah blues resmi dipakai.  Blues adalah dasar dari hampir setiap genre musik penting pada abad ke-20 dari Jazz, Rock , Soul,  Funk hingga hip-hop dan seterusnya. Istilah blues tidak diketahui dengan jelas namun beberapa pendapat mengatakan bahwa blues itu lahir dari istilah blue / biru yang selalu dikonotasikan dengan perasaan sedih, galau(untuk istilah anak jaman sekarang), depresi, atau melankoli. Sebelumnya para musisi blues memakai banjo selama bertahun tahun. Kemudian musik blues pun terus berkembang, bahkan di setiap daerah di Amerika melahirkan warna musik blues yang berbeda-beda. Permainan gitar pada musik blues mulai populer pada abad ke-20.
Perkembangan tersebut semakin marak sekitar tahun 1960 yang sering disebut dengan Revolusi blues. Ada banyak sekali gitaris-gitaris blues yang sangat terkenal dan telah menginspirasi gitaris lainnya. Ini adalah beberapa nama dan biografi singkat para pemain gitar dan penyanyi blues pilihan penulis:


1. Blind Lemon Jefferson 
Berasal dari coutchman,Texas. Dia adalah pendiri texas blues dan salah satu penyanyi blues yang paling populer di Amerika  pada tahun 1920an. Aaron Thibeaux Walker atau lebih dikenal dengan nama T-Bone Walker mengatakan dirinya adalah orang yang mengajarkan tentang dasar-dasar dalam memainkan gitar blues pada Lemon. Lagu-lagunya yang terkenal antara lain adalah black snake moan, matchbox blues, balky mule blues, old rounders blues. Permainan gitar akustik yang cepat dan dengan vokal yang tinggi adalah keahliannya. sering menghentikan ritme pada baris akhir vokal untuk mulai memainkan melodi. Merekam Bluesnya pada tahun 1925 lebih awal dari hampir semua pemain blues lainnya. menggunakan teknik petik gitar akustik dengan menggunakan ibu jari  secara bergantian sehingga menciptakan efek gospel, blues dan country.

2. Leadbelly

Lahir pada tahun 1888 dengan nama Huddie William Ledbetter, Mooringsport, Louisiana. Dia adalah ikon musik folk  blues amerika yang multiintrumentalis. Dia disebut sebagai King Of The 12 String Guitar. Selain bisa memainkan gitar dengan 12 senar, dia juga bisa memainkan intrumen lain seperti piano, mandolin, harmonika, biola, dan akordion. Sifatnya  yang temperamental membuatnya bermasalah dengan hukum, hingga akhirnya dia masuk bui dan kemudian melarikan diri.Lagu-lagunya Like This Hammer, House Of The Rising Sun, Where Did You Sleep Last Night, dan tentu saja Rock Island line yang sangat asik dan sangat menginspirasi.

3. Howlin' Wolf

Lahir 10 juni 1910 dengan nama Chester Arthur Burnett. Dia merupakan musisi blues yang juga sangat berpengaruh pada perkembangan musik blues. selain bermain gitar dia juga bermain harmonika.  Charley patton yang saat itu adalah bluesman paling populer saat itu di delta mengajarkan wolf teknik dasar memainkan gitar. selain charly patton dia juga mendapat inspirasi dari sheikh missipi, blind lemon jefferson, Lonnie johnson, tampa red, dll. Lagunya yang sangat inspiratif seperti Spoonfull, Smokestuck Lightnin, Down in The Bottom.

4. Robert Johnson

Lahir di Mississippi pada 8 mei 1911, dia adalah salah satu gitaris blues yang banyak mempengaruhi seluruh pemain gitar elektrik blues dan rock. Bisa dikatakan dia adalah King Of The Delta Blues Singer. Merekam 32 lagu dalam hidupnya. Menghilang selama beberapa waktu dan akhirnya kembali sebagai pemain gitar yang jauh lebih baik. Konon katanya dia telah menjual jiwanya pada sang iblis sebagai imbalan atas kelihaiannya dalam memainkan gitar. Robert Johnson meninggal dunia pada 16 agustus 1938. Memainkan gitar dengan teknik petikan jari dan bottleneck, dengan berbagai variasi tuning , kebanyakan menggunakan Open tuning G (D-G-D-G-B-D). Sering memainkan lick berbarengan dengan vokalnya. Sering sekali menggunakan ibu jari untuk nada bas pengiring. Menggunakan gitar akustik Gibson. Hit terbesarnya adalah Terraplane Blues, namun riff dan permainan lead pada crossroads blues merupakan tercknya yang paling berpengaruh. Selain itu lagu-lagu seperti Sweet Home Chicago, Love in Vain Blues, I'm A steady Rollin Man, Ramblin On my Mind, Stop Breakin' Down Blues, They're Red Hot yang dinyanyikan juga oleh Eric clapton dan Red Hot Chili Peppers tak kalah asik untuk didengarkan.

4. Muddy Waters

Lahir pada 4 april 1913, issaquenna, Missipi dengan nama Mckinley Morganfield karena kecintaannya bermain dengan lumpur ia dipanggil dengan nama muddy yang kemudian menjadi Muddy Waters. Dia adalah Inspirasi utama untuk blues Inggris. Dia adalah salah satu musisi terbesar yang dikenal manusia dalam rantai musik blues yang berkembang menjadi Rock n Roll. Muddy Waters membuat banyak album yang luar biasa sepanjang karirnya namun tidak ada yang melampaui albumnya The locomotive  chug of at Newport 1960. Lagu-lagunya yang  seperti I'can't be satisfied and I Fell like going Home menjadi hit pada tahun 1946. Kemudian Double Trouble, JUst a Dream, Rolling Stone, IGot my brand on You, Hoochie Coochie Man, Baby Please Don't Go, Got My Mojo Working dll, adalah lagu-lagu yang sangat menginspirasi para penggertak blues.

5. John Lee Hooker
Lahir pada 22 agustus 1917, dia adalah pengguna awal gitar elektrik sebagai instrumen pengiring. Dia adalah vituoso boogie yang pada dasarnya sama dengan delta blues namun dengan detak yang lebih kuat. Rekaman pertamanya 'Boogie Chillun" ( 1948). Merekam seri track blues/R&B elektrik klasik era 1948-1959 dengan menggunakan nama johnny lee, johnny williams, The Boogie Man, texas slim, dan delta john. Ditemukan kembali pada berbagai kesempatan , yang paling terkenal adalahpada 1980 ketika dia muncul dalam the blues brothers lalu pada 1989 ketika dia merekam the healer bersama musisi tamu seperti carlos santana dan bonnie raitt. Tracknya yang tidak kalah menarik dengan yang lainnya adalah I'm In The Mood" dan Dimpless.  Memainkan gitar semi solid dengan lubang f, menggunakan gibon seri ES-355. Sering sekali melakukan teknik double stop sliding lick pada kunci E. Pengiringan blues E-A-G standar, Kaya akan pengiringan dawai bas. Album pengulangan Don't look back diproduksi ulang pada tahun 1997 oleh van morrison.

6. BB King

Lahir sebagai Riley B. King di Missipi, 16 september 1925. BB adalah singkatan dari Blues Boy dan mulai dipakai pada tahun 1950-an.  Dia adalah penemu teknik vibrato blues/rock, dan merupakan pemain gitar elektrik blues yang paling berpengaruh sepanjang Zaman. Jarang memainkan rhythm, selalu menggunakan teknik bending super akurat  dan vibrato. Mampu bermain dipanggung dari awal sampai akhir dengan menggunakan gitar yang belumdi tuning. Permainan gitar BB King terpengaruh oleh pemain blues klasik Blind Lemon jefferson, T- Bone Walker dan Jazzer Charlie Christian dan Django reinhardt. Hit pertamanya adalah sebuah lagu klassik  yang dimainkannya dengan versinya sendiri yaitu lagu dari Lowell Fusion berjudul Three O'clock blues. Lagu tersebut mencapai puncak tangga R&B masa itu. Mulai saat itu ia terus membuat rekaman sebagai musisi solo plus kolaborasi klasik dengan Buddy Guy, Albert Collins, John Lee Hooker, Eric Clapton, Dll.  Menggunakan Gibson ES-355 yang dinamakan Lucille seperti nama wanita yang tanpa sadar menjadi penyebab sebuah perkelahian di bar pada tahun 1949. Albumnya yang banyak mempengaruhi dunia blues adalah Live at The regal (1965) How Blue you Can Get, Sweet Little Angel, Help the Poor, dan Album Blues is King (1967), selain itu lagu The thrill is tahun 1969 juga sangat mempengaruhi gitaris blues sampai sekarang. BB king juga pernah berduet dengan U2 dalam lagu When Love Came to The Town. yang tidak kalah asik untuk didengar adalah lagunya BB's Boogie. Intrumentalnya Gambler Blues, Blues Boy Tunes, Blues We Like, Ghetto Blues.

7. Jimi Hendrix

Lahir pada 27 November 1942 dengan nama Johnny Allen Hendrix kemudian diduga diubah oleh ayahnya menjadi James Marshal Hendrix. Lebih dikenal sebagai Pemain rock, tetapi teknik dan pemilihan nadanya tipikal blues.Orang afro-amerika yang terkenal di Inggris. Terpengaruh antara lain oleh BB king, Bob dylan dan Muddy Waters. ditemukan oleh pemain bas animal Chas Chandler dan membawanya ke inggris. Kemudian di Inggris membentuk Jimi Hendrix Experience pada tahun 1966 dengan Noel Redding sebagai pemain bass dan mitch mitchell sebagai drummer. Hit awalnya membanya ke pendengar di amerika. Dia adalah gitaris yang paling sensasional yang pernah ada di dunia ini. Teknik kontrol bending yang gila-gilaan Tone yang sempurna, phrasing yang indah,  perilaku tak senonoh dengan memainkan tukikan whammy bar, feedback terkontrol (dan yang tidak terkontrol), hammer on dengan nada-nada yang lembut dan dinamika distorsi yang diatur oleh petikan pick. hampir selalu menggunakan tangga nada minor pentatonik, namun solo dan riffnya yang lain juga menonjolkan tangga nada mayor pentatonik, mixolydian, dan natural minor. ibu jari tangannya yang besar mempermudahnya untuk menekan dawai bas. Memainkan gitar dibelakang kepala, membakar gitar. memakaigitar strat yang dipakai secara kidal dan digantung terbalik, dia juga menggunakan stompbox yang dimodifikasi oleh empu efek inggris, roger mayer. Rekaman live star spangled banner sangat legendaris, jimi menirukan suara tembakan rocket dan peluncuran bom. album nya experience 1967, Axis Bold as love dll asik untuk  anda dengarkan. terlebih lagi lagu versinya atas lagu bob dylan  all along the watchtower.

8.  Eric Clapton

Eric Clapton Adalah Godfather dari semua penggertak blues.  Lahir pada 30 maret 1945 di surrey inggris. Permainannya dipengaruhi oleh Muddy Waters dan Robert Johnson. Bergabung dengan The yardbirds tahun 1963, kemudian bergabung dengan John mayall kemudian keluar dan membentuk Cream bersama Gingerbaker sebagai pemain drum dan jack bruce sebagai pemain bas. Mereka disebut Trio Power blues pertama, Setahun sebelum era hendrix.  Membentuk band-band baru seperti Blind faith, delaney, Bonnie, Derek & The Dominoes. Menjadi musisi solo pada tahun 1970 dan sejak itu terus berkonsentrasi pada komposisi yang lembut. Dijuluki Slowhand karena gaya permainannya yang tenang selalu mengandalkan tone serta phrasing untuk membuat nada-nada panjang. Teknik permainannya selalu menggunakan Bending, Vibrato, & Tempo yang dimainkan dengan lambat. Menggunakan Les Paul ketika bersama Bluesbreaker, lalu SG, dan 355 ketika bermain bersama Cream dan menggunakan Stratville pada tahun 1970. Albumnya John mayall's Blues Breakers Featuring Eric Clapton, Fash Cream, Disraeli Gears dari Creams. 

9. Stevie Ray Vaughan

Lahir pada 3 oktober 1954.  Stevie adalah adik Jimmy Vaughan, gitaris vokalis The Fabulous Thunderbirds. Dipengaruhi oleh para pemain blues Elektrik termasuk bb king, Lonnie mack dan albert Collins. Membentuk sebuah band Double Trouble pada tahun 1981. Nama band tersebut diambil dari sebuah lagu Otis Rush. Merekam album demo pertama Texas Flood dalam waktu tiga hari dan tiga album kemudian menyusul dalam enam tahun berikutnya, ditambah satu rekaman live. Pada tahun 1983 stevie pernah menjadi bintang tamu dalam rekaman David Bowie "Let's Dance". Stevie adalah pemain blues elektrik dengan tempo cepat bahkan dalam lagunya yang bertempo lambat ia menampilkan improvisasi dalam kecepatan tinggi. Umumnya dimainkan dalam akord open string E, A dan B. Namun tuning gitarnya diturunkan satu semitone. Selalulu menggunakan teknik legato (bermain secara bersambung) ,trill, slide, bending statis ( Bending satu nada pada senar selagi menahan bending tersebut mainkan nada yang pada senar berikutnya), dan rakes seperti yang dilakukan Jimi Hendrix ( menyeret pick ke satu atau dua senar sebelum memetik nada). Memainkan pickup switch setiap kurang lebih 16 bar saat melakukan solo. Memakai bermacam-macam Strat, termasuk model awal tahun 60'an yang diberi nama lenny dan digunakan untuk merekam lagu instrumental dengan judul yang sama. Cover version lagu Jimi Hendrix "Little Wing", lagu Pride and joy, Tick Tock, Lenny dan lagu-lagu lainnya yang ada pada empat album lain merupakan salah satu warisan terbaik untuk musik blues. Stevie meninggal dalam sebuaah kecelakaan helikopter pada 27 agustus 1990. Bintang blues seperti Eric Clapton, John Lee Hooker, dan BB King mengagumi skill dan keartistikansteviesemasahidupnya.  

10. Gary Moore

Robert William  Gary Moore, Lahir 4 april 1952, Belfast, Irlandia Utara. Lebih dikenal dengan nama Gary Moore. Terpengaruh oleh Elvis Presley, The Beatles, Jimi Hendix, John Mayall, dan tentu saja peter green yang mengasuh karir gary moore. Gary moore pernah menjadi pemain gitar di skid row, Thin LIzzy, Colloseum II G- Force hingga  kemudian  iabersolo karir pada tahun 1979 dengan Hit Parissienne Walkways. Dia bisa memainkan musik rock, Jazz, folk,klasik, Heavy metal dan blues. Permainan yang cepat, penguasaan bending, Tone, Phrasing dan vibrato dan sustain yang sangat luar biasa. Lagu-lagu The boys back in town(Thin Lizzy), Grinding Stone, Time To Heal, Boogie My Way Back Home, Back On The Streets, Fanatical Fasists, Teenage Idol, Sunset, The prophed, Still Got The Blues, Dll adalah lagu-lagu dan instrumental yang perlu didengar. Gary memakai gitar gibson Les Pauldan dia sangat menguasai tangga nada pentatonik.

Selain 10 pemain blues diatas masih banyak lagi nama-nama lain yang sangat berpengaruh Seperti Freddie King, Kenny Wayne Shephred, Rory Gallagher, Jimmy Page, Johnny Winter, Peter Green, Blind Blake,Paul Kossof, Albert King, Ry Cooder, Robben Ford, Jeff Healy dll, Kemudian generasin Baru seperti Damon Fowler, Dave gross, Dave keller, Homemade Jamz' blues, dan Oli bRown. Dan Musisi Blues Asal indonesia juga seperti Slank, Flowers, Time bomb Blues, Gugun Blues Shelter, Azzhara and blues Libre, Rama Satria, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar