Sunday, October 28, 2012

Anoushka Shankar


Anoushka Shankar lahir pada 9 Juni 1981, ia merupakan pemain sitar dan penulis lagu yang lahir di London. Anoushka merupakan Putri  dari pemain sitar legendaris  Ravi Shankar. masa kecilnya antara London dan Delhi . Saat remaja  ia tinggal di Encinitas, California dan sekolah di San Dieguito Academy. Anoushka telah membuat penampilan tamu di beberapa rekaman oleh beberapa seniman, di antaranya Herbie Hancock, Joshua Bell, Lenny Kravitz, Rodrigo y Gabriela. Pada tahun 2002 Anoushka bermain di Konser bersejarah bagi George Harrison, sebuah penghargaan kepada George Harrison. Anoushka telah mengembangkan ikatan yang kuat dengan musik klasik Barat dan musik Klasik India. Anoushka juga tampil dalam duet dengan legenda seperti pemain cello Mstislav Rostropovich (2000), dan pemain suling Jean-Pierre Rampal (1998). Dia juga tampil sebagai solois bersama beberapa orkestra terbesar dunia, dan ditayangkan Concerto 3 ayahnya untuk Sitar dan Orchestra dengan Orpheus Chamber Orchestra pada tahun 2009, dan Symphony pertamanya, dengan Orchestra London Philarmonic tahun 2010.


Shankar mulai dilatih oleh ayahnya usia Dia berakar dalam musik klasik India, setelah mempelajari secara eksklusif dengan ayahnya, Ravi Shankar legendaris, dari usia sembilan dengan latihan yang terdiri dari hanya beberapa sesi seminggu.  Penampilan publik pertamanya pada usia tiga belas tahun di Siri Fort ,New Delhi. Pada usia empat belas tahun  ia menemani ayahnya di konser di seluruh dunia dan pada usia enambelas tahun ia menandatangani kontrak rekaman pertamanyadengan EMI. Anoushka juga terpilih sebagai salah satu dari 20 Pahlawan Asia oleh edisi Asia majalah Time pada tahun 2004, dan adalah penerima wanita termuda dan pertama dari House of Commons Perisai dari Gedung Parlemen Inggris pada tahun 1999.
Anoushka merilis album pertamanya Anoushka, pada tahun 1998, diikuti oleh Anourag pada tahun 2000. Kemudian Shankar dan Norah Jones dinominasikan untuk penghargaan Grammy pada tahun 2003 ketika Anoushka menjadi calon wanita termuda dan pertama yang masuk dalam kategori World Music untuk album ketiga-nya, Live at Carnegie Hall.

Pada tahun 2005 penghargaan merilis album keempatnya RISE, album ini menjadi nominasi di grammy dengan kategori Contemporary Music dunia terbaik. Kemudian Pada bulan Februari 2006 ia menjadi orang India pertama yang bermain di Grammy Awards. Shankar bekerja sama dengan Kale Karsh untuk album kelima Breathing under water yang dirilis pada tanggal 28 Agustus 2007.
Tahun 2011 ia mengeluarkan album barunya Traveller dengan label rekaman Deutsche Grammophon yang direkam di Madrid, Spanyol. Dalam album Anoushka memasukkan unsur Flamenco rhytm.
                                                                        TRAVELLER


No comments:

Post a Comment