Friday, October 5, 2012

SUMBER INSPIRASI - WOLFGANG AMADEUS MOZART


WolfgangAmadeus Mozart merupakan salah satu musisi paling terkenal sepanjang sejarah. Mozart lahir di Salzburg, Austria pada tahun 1756. Sejak usia 6 tahun ia dan kakak perempuannya telah berkeliling eropa bersama ayahnya Leopold. Leopold adalah seorang komposer dan juga seorang pemain biola. Mozart adalah anak ajaib multi instrumentalis. Ia menarik perhatian banyak orang karena kepiawaiannya memainkan harpsichord, clavier (sejenis keyboard pada abad pertengahan, Renaissance, Baroque dan Klasik), biola dan organ, Piano. Pada tahun 1764 tepatnya di London ia menciptakan simfoni pertamanya dengan Christian Bach, Putra dari J. Sebastian Bach. Dan pada usia 11 tahun ia mengubah sonata-sonata piano composer lain menjadi 4 konserto pianonya dengan tambahan interlude dan episode untuk orchestra.
Pada tahun 1768  Mozart menulis Opera buffa(Opera Komedi) untuk pertama kali dengan judul La Finta Semplice (niat sederhana) da operet Jerman, Bastian Und Bastienne. La Finta Semplice dipertunjukkan pertama kali pada taahun berikutnya dengan Mozart sebagai Corcertmaster (pemain biola utama). Pada tahun 1076-1773 Mozart sangat produktif dalammenulis simfoni,opera,kuartet gesek dan beberapa karya rahasia. Di Milan ia dimita menulis opera seria, opera itali bertema kepahlawanan. Mithradas ,raja Pontus ditampilkan pada 1770 dan menjadi terkenal. Mozart pun kemudia dianugrahi gelar kesatria orde spur emas. Dari italia ia melanjutkan perjalananya ke manneheim dan paris. Di sana ia memperoleh letenaran dan kekayaan.
Setelah itu ia kembali ke Salzburg dan menjadi Corcertmaster. Hidupnya yang penuh kemewahan da kegemarannya berjudi membuat ia mengalami kesulitan financial pada masa akhir hidupnya. Mozart meninggal meninggal pada 5 desember 1791 pada usia 35 tahun, dalam kesulitan ekonomi. Kesuksesan Die Zauberflote (flut ajaib) tidak bisa dinikmatinya. Opera seria terakhirnya, pengampunan titus, dibuat pada bulan september. Sedangkan karya terakhirnya yang belum sempat diselesaikannya adalah Requiem Mass in D minor (Misa kematian dalam D minor) yang dibuat ditempat tidurnya tepat menjelang kematiannya.
Wolfgang Amadeus Mozart telah melahirkan lebih dari 600 karya diantaranya 41 simfoni, 27 konserto, 23 kuartet gesek, 17 sonata piano, 7 opera besar, dan karya-karya untuk nyanyi an dan musik lainnya. Karya opera lainnya yang terkenal adalah pernikahan Figaro (1786) , Don Giovani (1787), dan cosi fan tutte (1790). Sedangkan karya musik lainnya yang terkenal adalah Piano konserto No.9 in E-flat Major (jeunehomme, 1777) dan Eine Kleine Nachtmusik 1787. Karya-karya Mozart kemudian dikatalogisasikan oleh Ludwig von kochel pada 1862 dan penomoran kochel ini digunakan sebagai standar untuk merujuk karya Mozart. Jeuehomme Concerto, misalnya disebut K. 271.

No comments:

Post a Comment