Monday, October 15, 2012

Senjata Blues Paling Ampuh




Jika ingin menunjukkan kepiawaian bluesmu kamu wajib memiliki pengetahuan atas gitar-gitar yang layak disebut senjata blues terampuh. Disini saya akan menyedian beberapa latar belakang informasi mengenai senjata blues yang paling ampuh beserta nama-nama pesohor yang menggunakannya beserta fakta-faktanya. Dengan demikian kamu bisa membuktikan derajat kepiawaianmu dalam blues.

1. GIBSON LES PAUL

Gibson Gold Top

Gibson Les Paul Ini adalah salah satu yang paling terkenal jenis gitar listrik di dunia. Pada tahun 1950, dengan pengenalan Fender Telecaster ke pasar musik, gitar listrik menjadi menggila publik. Sebagai reaksi, Gibson Guitar presiden Ted McCarty membawa gitaris Les Paul ke perusahaan sebagai konsultan. Gibson Les Paul adalah hasil kolaborasi desain antara Gibson Guitar Corporation dan Les Paul. Gibson Les Paul pertama kali diperkenalkan pada tahun 1952 dengan model Gold Top. Humbucker menggantikan pickup singel koil pada tahun 1957. Memiliki berbagai tipe Les Paul Junior, Les Paul Deluxe,dll. Tapi yang paling terkenal adalah Standart dan Custom. Gibson Les Paul memiliki sustain 20 detik karena terbuat dari kayu mahoni pilihan. Kombinasi konstruksi yang padat dan pickup dengan output tinggi membuatnya cocok untuk sound yang memiliki gain tinggi dan berdistorsi panjang. Gitaris-gitaris dunia yang sering memakai gitar ini adalah Eric Clapton saat di Band Bluesbreakers, Gary Moore, Paul Kossof, Jimmy Page, Peter Green, dan Jeff beck pada tahun 1968.

   2.  GIBSON ES-355
Gibson BB King Custom

            The Gibson ES-335 adalah komersial pertama di dunia. Sering disebut dengan Semi akustik gitar listrik. Namun akan lebih baik jika dikatakan dengan Semi Solid karena memiliki blok tengah padat yang berada disepanjang gitar untuk mengurangi feed back. Dirilis oleh Gibson Guitar Corporation sebagai bagian dari Gitar Listrik Spanyol ES seri pada tahun 1958. . Pada dasrnya gitar Gibson ini terdengar seperti gitar elektrik  meskipun konstruksinya semi solid. Memiliki dua hambucking pickup dengan saklar tiga arah. Dua volume dan dua pengatur tone. Berhati-hatilah dalam memilih gitar ini, Jika kamu melihat gitar yang mirip dengan 335 dengan logo Epiphone sudah pasti itu bukan Gibson. Gitaris-gitaris dunia yang memakai gitar ini adalah BB.King,John Lee Hooker ,Fredie King, Alvin lee, dan Eric Clapton saat bermain di Cream.

 3. Fender Stratocaster
Fender 1954
Fender Stratocaster merupakan salah satu model gitar elektrik paling umum. Sering disingkat menjadi Strat, adalah model gitar elektrik yang didesain oleh Leo Fender, George Fullerton, dan Freddie Tavares pada tahun 1954. Pada tahun 1957 kopiannya sangat umum, Scrtachtplate lapis tunggal. Kemudian pada tahun 1959 Scrachplate satu lapis diganti menjadi tiga lapis.  Stratocaster telah digunakan oleh berbagai gitaris dan berbagai rekaman historis sepanjang sejarah. Kemudian pada 1980 beberapa model diproduksi di Jepang dengan merek Squier. Strat sekarang dibuat dinegara-negara berikut disusun berdasarkan harga dan kualitas mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah, USA, Jepang, Korea, Meksiko, dan Cina. Memiliki pickup single koil, cutaway ganda. Soundnya lebih cerah dibanding gitar-gitar blues lain karena pickup single koilnya. Gitaris-gitaris dunia yang memakai gitar ini Jeff Beck, Eric Clapton dalam album-album solonya. Ry Cooder, Robert Cray, Rory Galagher, Peter Green, Jimi Hendrix, Kenny wayne Shepard, Dan Steve Ray Vaughan.

4. Hollow Body (Gibson, Epiphone,Gretsch, Guild)
Gretsch Hollow Body

Gitar berongga dengan lubang berbentuk F mulai diproduksi pada tahun 1940. Gitar ini memiliki badan yang lebih dalam daripada tipe 355, yang dikenal dengan nama Thinline/Tipis. Gitar ini rentan terhadap feedback. Jadi cocok untuk sound blues yang jernih. Gitaris-gitaris yang menggunakan gitar hollow body tersebut antara lain Howlin’Wolf, T-Bone Walker, Dan John Lee Hooker.


No comments:

Post a Comment