Sunday, October 7, 2012

10 Generasi Baru Blues Wajib Anda Dengar


Seperti kita ketahui bersama musik blues seakan telah hilang dari pendengaran kita. Boy Band dan Girl Band sepertinya mulai memproklamirkan kematian dari akar semua musik populear tersebut. Tapi itu bukanlah sebuah kebenaran karena selama beberapa dekade ini John Nemeth, Eric Lindell, dan Watermelon Slim telah menunjukkan talenta mereka dengan terus berkarya dan meyakinkan kita bahwa blues akan tetap hidup. Ini dia 10  penerus musik blues yang perlu anda dengar.


1.      Dave Gross
DAVE GROSS
Lagu pertamanya yang saya dengar adalah Inspiration Blues. Sepertinya kita kembali ke masa-masa keemasan musik blues. Permainan gitarnya sangat berkelas benar-benar berbakat. Dia bisa memainkan Blues, Jazz, Swing, Rockabilly. Pada usia 22 tahun telah menguasai permainan gitar. Duke Robbiliard menyebutnya sebagai Monster Blues Player dan Pengakuan dari publik seperti Revue Blues dan BluesWax untuk tahun 2007 dengan albummnya Crawling The Walls. Permainnan gitarnya dalam Lagu It was Born in the 20’s dan Don't Take To Long sangat klassik coba dengarkan. 
2.      Fatback Deluxe
IRA MALKIN
Classic American Blues. Awalnya dikenal sebagai Jooks Gergia dan kemudiaberganti nama menjadi Fatback Deluxe pada tahun 2007. Dengan Ira Malkin sebagai Vokalis sekaligus Harmonika, Chris Kramer di Gitar, Ben Gettys di Bass dan Bob Rice di Drum. Mendapat pengaruh yang besar dari pemusik blues Muddy Waters dan John Lee Hooker.

3.      Chantel Mcgregor
CHANTEL MCGREGOR
Saya sungguh menyukai gitaris wanita yang satu ini. Saya menyukainya saat bermain gitar sambil menyanyikan lagu Day Dream.Sensasi Blues yang baru dari Inggris.Mendapat pengaruh yang sangat besar dari Joe Bonamassa. Memainkan lagu Lenny Steve Ray Vaughan, dan Red House Jimi Hendrix.



      4.      Aynsley Lister

Mendapat pengaruh dari Erik Clapton, Steve Ray Vaughan, dan Jimi Hendrix. Aynsley Lister adalah salah satu anak muda yang paling popular di Inggris. Lahir pada tahun 1976. Dan telah menjadi penyanyi pembuka untuk artis-artis blues seperti Buddy Guy, dan John Mayall. Albumnya tahun 2010 Tower Sessions mengcover lagu Purple rainnya Prince dan Cross Town Trafic Jimmi Hendrix.





5.      Danny Bryant
Danny Bryant telah membuktikan dirinya sebagai salah satu gitaris muda blues rock dan penulis lagu di kancah Musik Blues Modern. Dengan Menulis 8 lagu baru dalam albumnya Just As I Am. Memakai gitar Gibson BB King Lucille dan Fender Stratocaster. Mendapat pengaruh besar dari Buddy King, dan Steve Ray Vaughan.




6.      Matt Anderson
Pemain Akustik blues yang satu ini mendapat pengaruh dari Raksasa Gitar Blues, BB.King. Berasal dari Negara Kanada. Memakai gitar Akustik Lakewood.Duduk  menyanyi  sambil memainkan gitar akustik dengan sangat cepat tanpa kehingan tone, juga memakai slide. Luar biasa itu kata yang terlintas dipikiran saya ketika pertama kali mendengarnya. Orang ini Gila dia sangat sangat  berbakat.


7.      Oli Brown
Akhir tahun 2002 Oli mengambil gitar untuk pertama kalinya. Dua setengah tahun kemudian pada usia 15 ia diundang ke Amerika sebagai tamu dari band Amerika Blues Blinddog Smokin. Ini perjalanan pertama melihat Oli di panggung yang sama seperti Buddy Guy dan Taj Mahal. Oli Brown berada di garis depan gerakan Musik Blues Baru. Penyanyi dan pemain gitar asal Inggris ini mendapat pengaruh besar dari Steve Ray Vaughan. Memakai Fender Stratocaster dan mendapat penghargaan Young Blues Artist pada tahun 2010, 2012.
8.      Homemade Jamz
Dengan dua album Homemade Jamz mulai diakui para blues rockin 3 bersaudara Perry Ryan, Kyle, dan Taya adik  membuat kejutan dalam dunia blues. Mereka berada ditempat kedua dari lebih 100 peserta dalam International Challenge 2007 Blues. Dan album debut mereka Pay me No Mind mereka mendapat nominasi pada Musik Blues Award, sebagai band termuda yang pernah menerima penghargaan.   
9.      Dani Wilde
Dani Wilde memutuskan untuk menjadi seorang penyanyi musik blues setelah kunjungannya ke Festival Blues Bishopstock ketika ia berusia 14 tahun. Mendapat pengaruh dari Muddy Waters , dan Steve Ray Dani merilis album debutnya Heal My Blues  pada tahun 2008. Shine Is Due dirilis pada bulan September 2010



10.   Virgil dan The Accelerators

Virgil dan The Accelerators adalah trio blues asal Inggris yang menampilkan gitaris Virgil McMahon, Vokalis dan bassis Tom Sansbury dan drummer Gabriel McMahon. Terpengaruh oleh dedengkot blues Eric Clapton dan Steve Ray Vaughan. Merilis album pertama pada tahun 2008  And So It Begins.


6 comments: