Thursday, October 18, 2012

EVOLUSI BOLA


Tulisan ini hanyalah ulasan tentang Evolusi bentuk bola dari tahun 1900 sampai dengan 2014 mendatang.
1900
Model ini adalah bola yang pertama dikenal dalam sejarah sepak bola. Tampilannya seperti bola basket. Bola ini terdiri dari 8 panel panjang yang tergabung dalam dua kutub.  Model ini tidak digunakan dalam Piala Dunia tapi menarik untuk mengetahui bagaimana tampilan bola pertama.

T- SHAPE
Model T-Shape digunakan pada Piala Dunia pertama yang diadakan di Uruguay pada tahun 1930. Ada total 12 panel yang dipotong dan dijahit dengan renda. Sehingga bola  ini dikenal dengan bentuk T dari panel nya. Kala itu Uruguay tampil sebagai juara setelah mengalahkan Arhentina di Final dengan skor 4-2

THE FEDERALE
Digunakan pada Piala Dunia yang diselenggarakn di Italia pada tahun 1934. Bola ini terdiri dari 12  panel yang dipotong dan dijahit dengan renda. Pada piala dunia ke 2 ini Italia berhasil mengalahkan Cekoslowakia pada babak perpanjangan waktu dengan skor tipis 2-1.
ALLEN
Bola ini dikenal dengan nama Allen, nama dari  perusahaan yang menyediakan bola untuk  Piala Dunia di Prancis 1938. Bola ini dibuat untuk lebih muda dikontrol dan lebih kuat dibandingkan bola-bola lainnya. Pada piala dunia ke 3 ini Italia mempertahankan gelar juara setelah mengalahkan hungaria di partai Final dengan skor 4-2

SUPER DUPLO - T
Setelah sempat berhenti selama 12 tahun karena perang dunia ke II akhirnya piala dunia kembali dilangsungkan di Brasil pada tahun 1950. Bola ini terdiri dari 12 panel. Model ini adalah yang pertama yang tidak memiliki jahitan renda. Bola ini dinamakan Super Duplo T. pada saa itu Uruguay tampil sebagai juara setelah mengalahkan Tuan rumah Brasil dengan skor tipis 2-1.

WC MATCH BALL
Bola ini dinamakan Wc Match Ball karena pada permukaannya dicetak tulisan SWISS WORLD CHAMPIONMATCH BALL. Bola ini adalah bola resmi pada Piala Dunia 1954 yang diadakan di Swiss. Bola ini terdiri dari 18 panel kulit dipotong. Alasan menggunakan panel dipotong karena tujuannya adalah untuk mendapatkan bola paling espherical. Bola adalah bola pertama yang dibuat dengan warna yang berbeda, warna Kuning.

TOP STAR
Menurut isunya sebelum membuat bola ini Fifa melakukan uji coba terhadap 100 model bola sebelum mendapatkan bola ini. Bola ini digunakan pada Piala Dunia di Swedia tahun 1958. Desainnya sangat mirip dengan model 1954. Bola ini  terdiri dari 18 panel kulit dan panelnya tidak terpotong.  Bola ini juga mulai dipasarkan kekhalayak umum dan tersedia di toko.

MR CRACK
Digunakan pada Piala Dunia Ke 7 yang diadakan di Chile pada  tahun 1962 diadakan antara Mei 30 mei sampai 17 Juni.  Bola ini dinamakan Mr Crack. Bola ini terbuat dari kulit sapi asli, terdiri dari 18 panel dan berwarna kuning. Oleh karena itu, selama turnamen bola digantikan oleh Bola ini lebih besar dari ukuran bola sebelumnya dan lebih ringan, tetapi bola ini memiliki banyak kekurangan hingga khirnya diganti dengan bola yang sudah digunakan di Piala Dunia 1958 di Swedia.

CHALENGE 4 STAR
Challenge 4 Star berasal dari produksi Inggris dan terkesan dengan kualitas yang sangat baik. Bola kulit yang pertama digunakan dalam berbagai warna sesuai dengan tujuan Wembley, memiliki warna coklat kemerahan. Model ini diproduksi sebanyak 300 unit. Bola ini digunakan pada Piala Dunia 1966 di Inggris. Model yang sangat mirip dengan bola 1958 perbedaan yang paling penting adalah warna, oranye. Meskipun selama kejuaraan tersebut juga digunakan bola berwarna kuning dan putih. Model ini adalah model yang terakhir sebelum hegemoni Adidas. Sejak saat itu model bola Piala Dunia dirancang oleh Adidas. Challenge sangat mirip dengan model dari tahun 1958. Saat  ini bola tersebut dapat ditemukan di museum sepak bola di Preston, Inggris. Pada piala dunia ini juga mulai diperkenalkan Ball Boy.

TELSTAR
Bola ini dinamakan Telstar karena Bola tersebut dibuat agar tampak jelas di Televisi. Jadi Telstar adalah kependekan dari bintang Televisi. Bola ini memiliki 32 panel berwarna putih dan hitam sehingga lebih terlihat jelas pada televise. Telstar disediakan oleh Adidas sebagai bola resmi Piala Dunia FIFA 1970 yang diselenggarakan di Meksiko.  Piala dunia ini adalah piala dunia pertama yang disiarkan di Televisi.

TELSTAR Y DURLAST
Adidas mengulangi desain yang sama, satu-satunya perbedaan adalah warna huruf tersebut, dalam hal ini dalam warna hitam. Hanya saja Telstar Durlast terbuat dari bahan anti air.

TANGO
Digunakan pada Piala Dunia 1978 di Argentina. Adidas memperkenalkan desain baru yang akan digunakan untuk dua puluh tahun ke depan. Bola ini didesain sangat Elegan. Bola ini terdiri dari  dua puluh panel yang disetiap panelnya bermotif triad yang menciptakan kesan 7 buah  lingkaran. Ini adalah bola yang paling mahal dalam sejarah pada saat itu, dengan harga £50. Seperti pendahulunya, adidas tango Durlast terbuat dari kulit asli yang mengkilap.

TANGO ESPAÑA
Tango España adalah bola resmi Piala Dunia FIFA 1982 di Spanyol. Tango España telah meningkatkan kualitas tahan air melalui lapisan karet nya. Ini tidak sangat tahan dan mengakibatkan bola harus diubah beberapa kali selama permainan. Bola ini adalah bola kulit asli terakhir yang digunakan di Piala Dunia. Adidas memperkenalkan bola baru yang memiliki karet hias di atas lapisan untuk mencegah air merembes. Bola ini adalah bola pertama dengan kualitas tahan air. Bola ini dianggap sebagai bola terbaik yang digunakan dalam pertandingan piala dunia.

AZTECA
Azteca adalah bola resmi Piala Dunia di Meksiko pada tahun 1986. Bola ini juga sepenuhnya terbuat dari karet sintetis pertama pada Piala Dunia. Desainnya rumit dan  dihiasi oleh arsitektur asli bangsa Aztec. Piala Dunia FIFA Meksiko, melihat pengenalan bola polyurethane pertama yang dilapisi bahan-bahan yang tahan terhadap hujan. Bola sintetis pertama, dengan kualitas yang baik pada permukaan yang keras dan basah.

ETRUSCO UNICO
Unico Etrusco adalah bola yang dibuat oleh Adidas pada awal 1990-an. Ini adalah bola resmi Piala Dunia 1990 di Italia dan Euro 1992 di Swedia. Nama dan desain yang rumit mengambil inspirasi dari sejarah kuno Italia dan seni dari Etruria. Tiga kepala singa Etruscan menghiasi setiap 20 triad Tango.  Bola pertama dengan lapisan internal busa poliuretan hitam.

QUESTRA
Bola ini digunakan pada piala dunia 1994 di Amerika Serikat. Bola ini diselimuti lapisan busa polistiren. Selain itu bola ini lembut saat disentuh dan lebih kencang saat ditendang. Peningkatan kontrol bola dan kecepatan yang lebih tinggi saat bermain.

TRICOLORE
Tricolore oleh bola hasil disain Adidas. Bola ini adalah bola resmi Piala Dunia FIFA 1998 yang diadakan di Perancis. Bola multiwarna pertama yang digunakan di final. bola dunia terakhir yang memakai desain klasik tango yang diperkenalkan pada tahun 1978. Bola ini juga menggunakan teknologi print underglass dengan lapisan tipis dari busa sintaksis. Bola ini dikatakan sebagai Tricolore sesuai dengan bendera prancis yang terdiri dari tiga warna. Tricolores juga adalah bola buatan adidas pertama Piala Dunia yang diproduksi di luar Eropa yaitu dibuat di Maroko.

FEVERNOVA
Tampilan warna-warni dan revolusioner dan penggunaan warna seluruhnya didasarkan pada budaya Asia. Tentu saja karena Piala dunia tahun 2002 ini diadakan di Asia tepatnya di Korea Selatan dan Jepang. Fevernova ini menampilkan lapisan busa halus sintaksis untuk memberikan karakteristik yang unggul dan tiga lapis rajutan, yang memungkinkan bola untuk lebih tepat dan dapat diprediksi setiap waktu. Bola ini mengubah desain Triad seperti tahun 1978 dan lebih tebal sehingga dapat meningkatkan akurasi.

TEAMGEIST
Bola ini dirancang oleh Tim Inovasi Adidas dan Corporation Molten. Bola teamgeist berbeda dari bola sebelumnya bola ini hanya memiliki 14 panel melengkung. Keistimewaan bola ini adalah memungkinkan setiap pemain menunjukkan keahlihan mereka sebenarnya.

JABULANI
Jabulani dalam bahasa zulu bermakna bergembira, membawa suka cita bola ini resmi diperkenalkan pada piala dunia 2010. Jabulani diciptakan oleh Adidas dan dikembangkan di Universitas Loughborough di Inggris, dan diresmikan di Cape Town, Afrika Selatan pada tanggal 4 Desember 2009. Bola dengan warna emas berjudul Jo'bulani diatur untuk bermain di putaran Final Piala Dunia, Sedangkan versi warna orange Jabulani di pergunakan pada saat kondisi cuaca atau lapangan bersalju. Bola ini adalah bola yang paling stabil dan sangat akurat sehingga bola ini disebut sebagai bola paling sempurna yang pernah dibuat adidas.

BRAZUCA
Nama Brazuca ini digunakan untuk menggambarkan kebanggan bagi warga negara Brasil yang tinggal diluar negeri termasuk pesepakbola yang berkarier di luar Brasil. Brazuca akan menjadi bola resmi yang akan dipakai pada piala dunia di Brasil yang akan diselenggarakan pada tahun 2014 dimana Ronaldo adalah Duta Piala Dunia 2014.. Ini adalah bola pertama yang didalamnya didalam sebuah cip untuk mendeteksi ketika bola telah melewati garis gawang.

No comments:

Post a Comment