Friday, October 5, 2012

CATATAN ROCK 'N' ROLL


Mungkin sudah banyak orang yang menulis tentang Rock n Roll, jadi mohon maaf buat para pendahulu saya jika saya mengulang kembali tulisan tentang Rock n Roll dengan opini-opini saya dengan didukung oleh data dan fakta tentang Genre musik yang mulai terlupakan ini. Rock n Roll Kata ini pernah diucapkan orang dari Amerika, Eropa, Afrika, Australia Sampai ke Asia. Dari Sianjur (Tanah Batak) sampai ke Cianjur (Jawa). Dari sabang Sampai ke  Merauke. Rock n Roll pernah menjadi salah satu genre musik yang digilai oleh banyak orang, khususnya generasi muda. Jika mendengar kata  Rock n Roll, saya jadi ingat ketika pertama kali mendengar lagu Johnny B. Goodnya Chuck Berry dalam sound track film Back To The Future. Menurut Situs Rock n Roll Hall Of Fame mungkin tidak ada tokoh yang bisa disebut sebagai pencipta Rock n Roll namun Chuck Berry bisa dikatakan sebagaisatu-satunya. 
Dalam sebuah arsip oleh Little Wonder penggabungan kata Rock dan Roll pertama kali digunakan pada tahun 1916 dalam sebuah rekaman spiritual "The Camp Meeting Jubilee" yang dikeluarkan oleh vokal yang tidak disebutkan namanya. Kemudian pada tahun 1922 penyanyi blues Trixie Smith adalah orang pertama yang menggabungkan dua kata tersebut dalam judul lagu "My Man Rocks Me".

             Dua belas tahun setelah Trixie Smith menggabungkan kata Rock n Roll dalam konteks sekuler The Boswell Sisters membuat sebuah lagu yang menjadi hit dengan judul "Rock and Roll" . Referensi  lainnya untuk istilah Rock n Roll berasal dari lirik lagu berjudul "Get Rhythm in Your Feet and Music in Your Soul" yang dinyanyikan oleh J. Russel Robinson pada tahun 1935. Pada salah satu bait lirik tersebut berbunyi "If Satan starts to hound you, commence to rock and roll".  Jadi, pada titik ini, istilah Rock N Roll sudah relatif dikenal,  setidaknya di antara orang Amerika berkulit hitam. Lirik lagu tersebut juga kemudian dinyanyikan oleh beberapa  musisi berkulit putih yang cukup populer,   seperti Benny Goodman,  yang mungkin telah membantu menyebarkan kalimat ini.
            Kemudian istilah Rock n Roll menyebar luas secara global melalui seorang  DJ (disk jockey)  yang berasal dari Cleveland, yang bernama Alan Freed yang menciptakan sebuah lagu yang berisikan campuran antara musik R&B dan musik  country di acara radionya. Karena tidak lagi diijinkan menggunakan istilah Moondog, ia menciptakan suatu frase yang kemudian disebutnya dengan kata Rock n Roll untuk menggambarkan musik yang ia mainkan. Sejak saat itu Rock n Roll  berkembang secara luas dan menimbulkan pengaruh sosial masyarakat pendukungnya dan menjadi sebuah gaya hidup yang mempengaruhi tata bahasa, pakaian, tingkah laku dan sebagainya.
            Itulah sekilas Firman tentang sejarah Rock n Roll. Yang jelas Rock n Roll sebagai Genre musik adalah buah dari Musik Blues. Seperti yang dikatakan oleh Willie Dixion Blues adalah akarnya sedangkan yang lain adalah buahnya. Atas nama Rock n Roll saya ucapkan Terimakasih.



4 comments: