Thursday, October 11, 2012

K-Pop

SNSD (Girls Generation)

Sebenarnya saya tidak begitu tertarik dengan genre musik yang satu ini K-pop. Namun karenaGayaGangnam style ,sebuah singel K-pop tahun 2012 Yang dinyanyikan oleh rapper Korea Selatan, Park Jae Sang, atau lebih dikenal dengan nama PSY berhasil menembus Hollywood menambah kepingintahuan saya dengan Genre musik popular yang satu ini. Girlband dan Boyband asal korea selatan ini hanya sekumpulan orang yang bernyanyi dengan iringan musik elektronik ditambah dengan tarian. Terkadang memasukkan unsur Hip-hop dan R&b. Suatu konsep musik yang sangat sederhana. Sama seperti pertengahan tahun 90an ke tahun 2000an. Dimana ada banyak sekali BoyBand dan GirlBand. Seperti Take That, Boyzone, New Kids on The Block, Nsync, Boys II men, 98 degrees, Spice girls dll. Sepertinya kita kembali masa lalu dimana Boyband dan Girlband jaya kembali. Jadi ini dia sejarah singkat K-pop.
KARA

Dimulai pada tahun 1992, tari dan musik rap menjadi populer karena Seo Taiji yang dipandang oleh banyak orang sebagai awal dari K-pop modern. K-pop adalah singkatan dari Korean Pop. K-Pop termasuk kedalam genre musik popular. Perkembangan Musik pop Korea relatif singkat dan dengan penyebaran yang sangat cepat karena dibantu oleh Internet yang pada pertengahan tahun 2000an muncul jaringan media sosial hingga popularitas genre ini menyebar ke seluruh daerah Asia, Eropa, Amerika, bahkan Afrika hingga Timur Tengah. Musik Pop Korea Selatan sendiri telah berevolusi dari pengaruh musik popular barat dan perpaduannya dengan musik popular jepang yang disebut Trot yang populer di Korea Selatan sampai 1980-an. 
T-ARA

         Menurut The New York Times upaya bintang K-Pop masuk ke pasaran music barat sudah gagal. Namun, seniman K-pop mendapatkan lebih banyak ekspose internasional melalui jaringan media sosial seperti YouTube, Facebook, dan Twitter, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Menurut situs Wikipedia pada tahun 2011 youtube membuat saluran resmi K-Pop. Video music K-Pop ditonton lebih dari 2 miliar orang selama tahun 2011 hampir tiga kali lipat dari tahun 2010.

K-POP

1 comment: