Friday, October 12, 2012

Tokoh Seni Rupa Indonesia


Raden saleh adalah pelukis Indonesia pertama yang belajar keluar negeri. Beliau adalah Tokoh Seni Rupa Indonesia. Lahir di Semarang tahun 1807 dengan Nama  Raden Saleh Syarif.  Pada Usia 10 tahun tepatnya Pada 1817,Ia dikirim bersekolah di Jakarta. Di Jakarta Raden Saleh bertemu dengan J.Payen, seorang pelukis keturunan belgia yang menjadi pelukis bagi direktur pertanian,kesenian, dan pengetahuan pemerintahan belanda. J.Payen adalah orang pertama yang melihat bakat melukis dari raden saleh hingga Ia J.Payen mengusulkannya untuk dikirim belajar ke belanda. Di belanda ia belajar dibawah bimbingan Cornelis Kruseman dan andries Schelfhout. Dalam beberapa tahun, ia telah ikut serta dalampameran di Belanda. Setelah itu, Ia mulai menjelajahi Austria, jerman dan prancis.Kemudian Ia pergi ke Aljazair bersama seorang pelukis beraliran oriental Horace Vernet, yang banyak mempengaruhi lukisan adegan berburunya.
Pada tahun 1843 ia menetap di Dresden selama 5 tahun. Di Dresden ia banyak melukis para bangsawan sehingga raden saleh terkenal sebagai pelukis potret. Setelah malang melintang di eropa selama hamper 20 tahun, beliau kembali ke Jakarta pada 1851 ditemani istrinya Ny.Winkelman, seorang wanita belanda dan membangun sebuah rumah indah yang sekarang menjadi rumah sakit cikini. Dicikini juga dibangun sebuah komplek vila. Kemudian Beliau bercerai dengan Ny.winkelman dan menikah dengan Raden Ayu Danudirjo seorang bangsawan solo. Kemudian pada 1875-1879 ia kembali ke eropa dan setelah itumenetap di bogor sampai wafat pada 23 april 1880.
Karya-karya Raden Saleh banyak di pajang di Rijksmuseum, Amsterdam, Belanda. Sebagaian karyanya terbakar ketika sedang dipamerkan di paris pada 1931 dan salah satunya adalah karya besarnya yang berjudul antara hidup dan mati.




Penangkapan Pangeran Diponegoro


No comments:

Post a Comment